Blogger Widgets
Pasang iklan disini

Selasa, 11 Agustus 2015

Sejarah dan Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi

                Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berjalan sangat pesat. Hal ini seiring dengan kemajuan yang dicapai pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagaimana sejarah dan perkembangan teknologi dan komunikasi ?
Simak uraian dibawah ini !
1.       Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
A.      Pengenalan teknologi informasi dan komunikasi
Sebagai mahluk sosial manusia harus berkomunikasi dengan sesamanya. Saling memberi informasi dan berinteraksi. Awalnya manusia berinteraksi dengan cara sederhana, namun makin lama manusia semakin mengembangkan pikiran dan menemukan berbagai cara berkomunikasi dengan mudah. Pada awalnya manusia berkomunikasi dengan cara menggambar, pada dinding gua, dengan isyarat tangan, asap, bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, dan surat.
Pada saat ini manusia sudah dapat berkomunikasi dengan mudah dan cepat dengan hanya hitungan detik pada jarak ribuan kilo meter ke seluruh dunia sekalipun dengan menggunakan arus listrik dan gelombang elektromagnetik yang di sebut dengan telekomunikasi, berdasarkan caranya telekomunikasi dibagi menjadi 2 :
a.       Komunikasi  satu arah ( Simplex ). Dalam komunikasi satu arah, pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama, maksudnya adalah penerima informasi tidak dapat memberi feed back, umpan balik , tanggapan atau komentar. Contoh : Televisi, radio, dan pager.
b.      Komunikasi dua arah ( Duplex ).
-          Komunikasi penuh dua arah ( Full duplex ), yaitu komunikasi  dimana pengirim dan penerima informasi dapat berkomunikasi secara berkesinambungan melalui media yang sama, penerima dapat memberi feed back atau tanggapan kepada pemberi pesan. Contoh : Telepon dan VOIP.
-          Komunikasi semi dua arah ( Half duplex ), dalam komunikasi ini, pengirim dan penerima informasi bergantian tetapi tetap berkesinambungan. Contoh : handy talkie, fax, dan chat room.

B.      Peralatan komunikasi zaman kuno
Alat komunikasi ini masih sangat sederhana dan terbuat dari bahan yang terdapat di alam. Contoh media komunikasi zaman kuno adalah :
a.       Lonceng
Lonceng adalah suatu alat sederhana yang pada zaman dulu digunakan untuk menyampaikan berita pada masyarakat dengan sebuah kode bunyi yang sudah ditentukan dan sebagai penanda waktu.







b.      Daun lontar
Pada zaman dahulu orang orang di indonesia juga memaakai tulisan sebagai sarana komunikasi, kegiatan surat menyurat ini sudah dilakukan oleh penduduk indonesia sejak zaman kerajaan kutai, tarumanegara, pajajaran, majapahit, sriwijaya dan mataram.
Daun lontar yang digunakan untuk kerajinan dan menulis naskah adalah benda yang lazim digunakan surat menyurat pada saat itu.




c.       Kentungan
          Kentungan merupakan alat komunikasi kuno yang juga sudah ada sejak zaman kerajaan, kegunaannya adalah untuk memberitahu masyarakat tentang suatu kejadian. Tanda antara satu kejadian dengan kejadian lainnya tentu berbeda beda.





d.      Asap
Media komunikasi ini adalah media yang di kenal sebagai media komunikasi suku indian amerika. Berkomunikasi dengan asap tidak memiliki kode standar, misalnya satu kepulan asap bisa berarti suatu peringatan, dua kepulan asap dapat berarti bahaya, tiga kepulan asap bisa berarti permintaan bantuan atau terdapat masalah.






e.      Telepon kaleng
Telepon kaleng adalah alat tansmisi suara terdiri dari dua cangkir, kaleng kertas dan bahan semacamnya dan dilekatkan oleh dua ujung tali tegang atau kawat.




f.        Terompet 
Terompet adalah suatu alat musik yang pada zaman dahulu banyak digunakan para tentara perang sebagai isyarat penyerangan kepada lawan.










g.       Merpati
Sebelum ada pos, burung merpati adalah salah satu sarana komunikasi yang berguna untuk mengantarkan surat atau pesan.










h.      Prasasti
          Prasasti Merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masalalu, prasasti adalah piagam yang tertulis pada batu, tembaga, kayu dan sebagainya.







i.         Telegraf
Adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkannya dan menerima signal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik, didalamnya terdapat kabel kabel tembaga yang yang berguna untuk mengirim signal jarak jauh.







j.        Gamelan
Pada zaman dahulu gamelan merupakan peralatan musik tradisional yang digunakan sebagai media komunikasi yang menandakan adanya pagelaran suatu acara. Agar ada suatu ikatan kebersamaan dalam kesenian.


k.       Terompet keong
Terompet keong adalah media komunikasi yang digunakan sebagai alat penanda terjadinya suatu peristiwa dan agar semua yang mendengarnya berkumpul. Hingga saat ini terompet keong masih digunakan dalam acara adat terutama di daerah sekitar pesisir pantai.

Anda sedang berada pada artikel tentang Sejarah dan Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi dengan url https://kenkyona.blogspot.com/2015/08/sejarah-dan-perkembangan-teknologi.html,Boleh copy paste tapi sertakan Sejarah dan Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi sebagai sumbernya.

Posting Komentar

New

Popular

CopyRight © 2015 - kenkyona.blogspot.com By >> Amix Amrulloh