Blogger Widgets
Pasang iklan disini

Selasa, 25 Agustus 2015

Berbagai Tipe Kecerdasan dan Cara Mengembangkannya




Dalam 20 tahun terakhir, kemajuan besar untuk memahami kompleksitas otak manusia terus terjadi, meskipun masih banyak aspek menyangkut otak yang baru dipahami sebagian saja. Cara kita mengingat mengkomunikasikan informasi dan perasaan kepada orang lain, mampu melaksanakan tugas atau membuat keputusan yang tepat, sangat tergantung pada kekuatan otak maksimal. Mungkin tidak disadari bahwa kita pun melibatkan karakteristik bawaan lahir, pengalaman masa lalu dan pengaruh dari luar – seluruh bagian otak kita terlibat.
Pertanyaannya adalah apakah pikiran itu ? sederhananya, pikiran adalah otak yang ditambah perilaku. Salah satu kunci untuk meningkatkan kemampuan berfikir adalah dengan memanfaatkan kekuatan sebanyak-banyaknya, mengenali dan mengatasi kelemahan anda. Pada bagian selanjutnya dalam blog ini, kita akan mengetahui lebih rinci cara memaksimalkan potensi otak, mengetahui tipe kecerdasan yang anda miliki dan cara kerjanya.

Berbagai Tipe Kecerdasan
Ketika Dr. Howard Gardner, seorang professor ilmu pendidikan dan psikologi Haward University, menemukan ide tentang multiple intelligences (kecerdasan dasar) pada tahun 1980-an, sesungguhnya sebuah revolusi telah dimulai. Sebelumnya, kecerdasan hanya dinilai dari tingkat IQ. Tes terhadap kemampuan matematis dan bahasa, dengan sedikit pemecahan masalah dianggap sebagai ukuran kecerdasan. Meskipun tes IQ efektif untuk membedakan seseorang yang cerdas secara akademis dengan orang yang lebih cerdas secara praktek, tetapi tes itu tidak menjamin kesuksesan seseorang dalam kehidupannya di masa depan, cinta atau pekerjaan. Tes tersebut pun memberikan definisi terbatas tentang sebutan “pintar”.
Ide Gardner sangat sederhana dan rasional. Dia mengelompokkan 8 tipe kecerdasan, yang saya gambarkan di bawah ini (dengan istilaah asli dari Gardner di dalam kurung jika nama tersebut bebeda). Dua tipe kecerdasan terakhir dalam daftar berikut ini telah ditambahkan oleh pemikir lain karena Gardner mengembangkan teorinya. Apakah anda dapat mengenali tipe kecerdasan anda dalam gambaran berikut ini ?

Linguistic
Anda menyukai kata-kata dan cerita. Permainan kata memicu ketertarikan anda dan anda adalah pembaca yang antusias. Anda memiliki perbendaharaan kata yang banyak dan menyukai pembelajaran bahasa. Anda suka menulis dan dapat mengingat daftar kata. Anda bisa beecerita dengan baik.

Matematis
(Logis-matematis)
Anda berusaha memahami hubungan antara hal-hal yang berbeda. Anda menyukai gambar, masalah-masalah abstrak, brain-teasers dan puzzle. Anda menghargai pola, kategori, dan system. Anda mungkin saja membuat daftar-daftar.

Visual (Spasial)
Anda tertarik pada warna, bentuk dan teksture. Anda menggunakan gambar untuk mengingat banyak hal, diagram peta dan coretan saat membuat catatan. Anda dapat menggambar, melukis, atau mematung dengan baik.

Kinestetis
Anda menyukai latian fisik, olahraga dan menari. Anda cenderung berada paling depan dalam rapat atau pesta. Anda belajar dengan persiapan diri dan membuat kemajuan dengan latihan atau tugas.

Musical
Anda mudah beradaptasi dengan suara dan irama. Mungkin saja anda terbiasa menyanyi dan mendengarkan music sejak usia dini. Anda dapat mengingat lagu dan melodi dengan baik. Music berpengaruh besar terhadap suasana hati anda.

Emosional (Intrapersonal)
Anda cenderung merenungi diri sendiri dalam pencarian jati diri yang terus berlangsung. Anda menulis diary yang berisi pengalaman, suasana hati dan pikiran. Anda menikmati saat-saat berfikir dan merenung, memahami serta mengatur emosi dengan baik.

Social (Interpersonal)
Anda suka ditemani orang lain dan berusaha memahami mereka. Pesta, pertemuan, permainan berkelompok dan aktivitas social menarik perhatian anda. Anda memiliki Empati yang tinggi terhadap orang lain.

Environmental (Naturalis)
Anda tertarik pada alam, dan melihat segala hal dari sudut pandang alam. Anda suka berada di alam terbuka dan sangat suka binatang. Anda mempunyai perhatian terhadap lingkungan di sekitar rumah, baik yang ada di dalam atau pun di luar.

Spiritual
Anda sering melontarkan pertanyaan mendasar tentang eksistensi. Anda cenderung bertindak sesuai dengan prinsip, mungkin menanyakan aturan terkait suatu hal yang akan dilakukan. Anda memegang keyakinan yang kuat dan siap menjalankannya.

Praktikal / praktis
Anda adalah tipe pelaksana. Anda sering dipanggil untuk memperbaiki atau menyusun sesuatu. Anda datang memberi solusi. Kerika orang lain membicarakan tentang apa yang harus dilakukan, tanpa banyak kata-kata anda langsung melakukannya.

Latihan : Mengembangkan Seluruh Bakat
Kecerdasan dapat diubah. Meskipun tidak sehebat Mozart atau Eintein, anda dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki saat ini. Gunakanlah table dibawah ini untuk mengukur multiple intelligence dalam diri anda. Untuk setiap kecerdasan, tentukan apakah anda memiliki kadar yang tinggi, rendah, atau sedang saat itu. Kemudian gunakan kolom ke 3 yang berisi ide-ide untuk meningkatkan kecerdasan anda. Saya berikan beberapa contoh sehingga anda dapat memulai latihan berikut.

Kecerdasan
Tinggi, rendah, sedang
Cara untuk meningkatkan kecerdasan
Linguistik
Rendah
Bergabung dengan klub pembaca, mempelajari suatu bahasa.
Metematis


Visual


Kinestetik
Sedang
Belajar menari
Musical


Emosional
Rendah
Menulis diary, meditasi
Social


Environmental
Sedang
Mempelajari desain kebun
Spiritual


Praktikal



Anda sedang berada pada artikel tentang Berbagai Tipe Kecerdasan dan Cara Mengembangkannya dengan url https://kenkyona.blogspot.com/2015/08/berbagai-tipe-kecerdasan-dan-cara.html,Boleh copy paste tapi sertakan Berbagai Tipe Kecerdasan dan Cara Mengembangkannya sebagai sumbernya.

Posting Komentar

New

Popular

CopyRight © 2015 - kenkyona.blogspot.com By >> Amix Amrulloh